Digital Marketing Dalam Kewirausahaan

 

Halo, sobat dunia kampus!! Kali ini saya akan membahas tentang apa sih digital marketing itu, dan mengapa juga bagaimana digital marketing ini dapat bermanfaat ketika kita merintis juga mengembangkan suatu bisnis. Yuk, disimak!


Sebelumnya, apakah kalian pernah melihat suatu brand atau produk perusahaan yang melakukan digital campaign atau kampanye online? Atau mungkin juga pernah melihatnya di suatu website maupun media sosial suatu perusahaan? Ya, hal tersebut disebut dengan istilah digital marketing.

 

Seiring dengan kemajuan teknologi saat ini, di dunia bisnis kian menjamur suatu tren salah satunya yaitu tren digital marketing. Lalu, seperti apasih digital marketing itu? Digital marketing adalah suatu kegiatan pemasaran atau promosi sebuah brand menggunakan media digital atau internet. Tujuannya yaitu untuk menarik konsumen secara cepat yang mana dapat kita ketahui canggihnya internet masa kini dapat kita jangkau kapan dan dimana saja.

 

Kebutuhan mengenai digital marketing saat ini begitu penting bagi para entrepreneur muda. Karena kemajuan teknpologi informasi dan komunikasi di era ini menjadi hal yang harus dan wajib kita pahami dan lakukan sebagai bagian dari strategi pemasaran pada dunia kewirausaahaan. Mengingat lagi, era pandemi Covid-19 yang semakin mengakselerasi dan membuktikan betapa pentingnya melakukan digital marketing, karena ketika orang sudah tidak bisa mengakses secara konvensional beberapa media promosi atau media pemasaran, maka yang dilakukan hanyalah menggunakan media digital yang menjadi satu-satunya solusi  dalam masa masa pandemi Covid-19 ini, sehingga terbukalah peluang dan kesempatan bagi para wirausahawan untuk bisa melakukan promosi juga pemasaran melalui pemanfaatan media digital.

 

Digital marketing merupakan hal yang penting untuk dipelajari juga untuk dijadikan pertimbangan bagi entrepreneur muda untuk menjadi bagian dari strategi pemasarannya. Menurut suatu data, dipresentasikan hampi 80% dari pengguna aktif internet mereka mengakses media sosial menggunakan smartphone. Kini, smartphone bukan lagi barang mewah, karena kebanyakan orang sudah mempunyai barang tersebut. Artinya, para wirausahawan dapat menggunakan kesempatan untuk mempromosikan juga memasarkan produk-produknhya menggunakan teknologi digital.

 

Strategi pemasaran mengunakan digital marketing merupakan hal yang harus dipertimbangkan, karena orang-orang tidaklah lagi terlalu melihat billboard di jalanan maupun mengambil suatu brosur yang mana akan cepat lupa karena tidak bisa disimpan dalam jangka waktu yang lama, beda halnya dengan menyimpan suatu informasi di smartphone yang dapat di screenshot lalu tersimpan di galeri.

 

Karena menurut suatu data, rata-rata orang menggunakan gadget nya dalam menggunakan internet dan media sosial yaitu 8 jam dan 3 jam lebih dalam sehari. Yang artinya, mungkin saja seseorang dapat melihat suatu iklan beberapa kali dalam suatu atau beberapa media sosial yang ia gunakan. Platform media sosial pada data Bulan Januari Tahun 2019 yang orang sering dikunjungi diduduki teratas oleh youtube, disusul oleh whatsapp, facebook, Instagram, juga line.

 

Kemudian selanjutnya kita akan membahas bagimana sih caranya digital marketing ini bermanfaat dalam merintis juga mengembangkan suatu bisnis. Pertama, diawali dengan Social Analysis, yaitu menjelaskan “dimana sih kita ini berada?”. Setelah itu yang kedua adalah Objectives, yang mana dapat dikatakan “apa sih tujuan kita?”. Berikutnya adalah langkah Strategy. atau “bagaimana caranya kita dapat mencapai tujuan”. Kemudian mengerucutkan lagi strategi yang telah kita buat, yaitu Tactics, seperti “bagaimana ya cara-cara yang lebih generik untuk mencapai tujuan kita, seperti apa sih?”. Selanjutnya dimulai dengan Actions nya, yaitu lebih diperjelas lagi bagaimana cara taktik nya yang benar dan baik, dan terakhir jangan lupa untuk yang namanya melakukan Control, yaitu “apakah startegi maupun aksi yang kita lakukan sudah cukup untuk dapat memenuhi target kita”.

 

Sebagai contoh, setelah kita mengetahui beberapa konsep dasar dari digital marketing ini, hal-hal yang harus kita siapkan yaitu:

1.    Pertama, siapkan alat yang akan digunakan untuk pemasarannya. Seperti website, akun media sosial juga beberapa review seperti testimoni yang telah didapat dari konsumen sebagai percobaan maupun first impression ketika menggunakan produk tersebut.

 

2.    Lalu, siapkanlah konten yang menarik juga shareable. Tujukanlah dengan sesuai kepada siapa konten tersebut dituju.

 

3.    Kemudian, mulailah unggah konten tersebut denagn rutin dan lakukanlah evaluasi setelah mengunggah konten dari produk tersebut.

 

4.    Yang terakhir, masuk dan bergabunglah dengan forum marketplace public. Buatlah sebagus dan semenarik mungkin profilnya, karena akan memengaruhi citra dari brand tersebut.

 

Setelah mengetahui bagaimana cara merintis juga mengembangkannya, mari kita perdalam, terdapat apa saja sih jenis-jenis dari startegi digital marketing ini. Yang pertama ada website, lalu search engine marketing, social media marketing, online advesrtising, email marketing, dan yang terakhir ada video marketing.

 

Setelah sejauh ini, berapa ya kira-kira budget untuk melakukan digital marketing ini? Mahal atau tidaknya suatu digital marketing tergantung dari jenis yang dilakukan. Kalau hanya konten saja dan diunggah dalam akun media sosial pribadi milik toko wirausahawan tersebut, tidaklah mahal. Tetapi, jika dilakukan dengan cara diunggah pada website, blog, email, maupun billboard di jalanan, cukup menyita biaya untuk dikeluarkan.

 

Lalu, kekurangannya dalam melakukan digital marketing ini terdapat beberapa hal yaitu tidak semua orang di daerah yang pelosok dapat menjangkau iklan dari produk tersebut karena akses internet yang terbatas, belum lagi semua orang apakah menggunakan platform media sosial yang sama dengan toko wirausahawan ini atau tidak. Kemudian, tidak semua entrepreneur muda mempunyai anggaran yang lebih untuk dipakai dalam digital marketing ini.

 

Juga, dengan melakukan digital marketing ini butuh suatu passion, agar cara promosi ini lebih tercapai untuk tujuan yang diharapkan, gunakanlah waktu yang baik dan benar dan semangat dalam mempelajari, ataupun kalian juga bisa menggunakan staff ahli marketing yang mana budget pun akan keluar lebih banyak.

 

Tetapi, kelebihan dari digital marketing ini cukup signikfikan, yaitu semua orang di daerah mana saja dapat menjangkau dari iklan produk tersebut juga kapan saja dapat mengunjungi profil toko dari produk tesebut ketika cukup tertarik melihat dari konten-konten yang sebelumnya sudah dilihat. Lalu, mudah dalam melakukan evaluasi dengan cara membandingkan saja dari konten-konten produk yang sama dalam bersaing memasarakannya. Kemudian hemat juga dalam waktu karena tidak perlu capek dalam membagikan brosur-brosur pada saat di mall, bazzar, maupun pinggir jalan. Dengan cara digital marketing di kala ini merupakan hal yang lebih efektif, juga dapat membangunkan  nama brand dengan cepat dan efisien.

 

Maka dari itu, yuk mari teman-teman semua ketika kalian ingin memulai ataupun sudah memulai merintis dalam tujuan untuk membangun suatu bisnis, pelajarilah lebih dalam bagaimana cara yang tepat dalam melakukan digital marketing ini. Semoga dengan membaca ini kalian dapat lebih memahami tentang digital marketing.

 

Terakhir, gunakanlah digital marketing ini dengan baik dan benar sebagai salah satu langkah yang mana nantinya akan membuat bisnis kalian lebih naik juga dikenal oleh banyak orang lain dimanapun itu berada. Jangan takut dan mulailah mencoba, karena kita tidak akan mengetahuinya sebelum mencoba, semangat!!

Comments

Post a Comment

Popular Posts