Digital Marketing Dalam Kewirausahaan
Halo, sobat dunia kampus!! Kali ini saya akan membahas tentang apa sih digital marketing itu, dan mengapa juga bagaimana digital marketing ini dapat bermanfaat ketika kita merintis juga mengembangkan suatu bisnis. Yuk, disimak!
Sebelumnya, apakah
kalian pernah melihat suatu brand atau produk perusahaan yang melakukan digital
campaign atau kampanye online? Atau mungkin juga pernah melihatnya
di suatu website maupun media sosial suatu perusahaan? Ya, hal tersebut disebut
dengan istilah digital marketing.
Seiring dengan kemajuan
teknologi saat ini, di dunia bisnis kian menjamur suatu tren salah satunya
yaitu tren digital marketing. Lalu, seperti apasih digital marketing
itu? Digital marketing adalah suatu kegiatan pemasaran atau promosi
sebuah brand menggunakan media digital atau internet. Tujuannya yaitu
untuk menarik konsumen secara cepat yang mana dapat kita ketahui canggihnya
internet masa kini dapat kita jangkau kapan dan dimana saja.
Kebutuhan mengenai digital
marketing saat ini begitu penting bagi para entrepreneur muda.
Karena kemajuan teknpologi informasi dan komunikasi di era ini menjadi hal yang
harus dan wajib kita pahami dan lakukan sebagai bagian dari strategi pemasaran pada
dunia kewirausaahaan. Mengingat lagi, era pandemi Covid-19 yang semakin mengakselerasi
dan membuktikan betapa pentingnya melakukan digital marketing, karena ketika
orang sudah tidak bisa mengakses secara konvensional beberapa media promosi
atau media pemasaran, maka yang dilakukan hanyalah menggunakan media digital yang
menjadi satu-satunya solusi dalam masa
masa pandemi Covid-19 ini, sehingga terbukalah peluang dan kesempatan bagi para
wirausahawan untuk bisa melakukan promosi juga pemasaran melalui pemanfaatan media
digital.
Digital marketing merupakan hal yang
penting untuk dipelajari juga untuk dijadikan pertimbangan bagi entrepreneur muda
untuk menjadi bagian dari strategi pemasarannya. Menurut suatu data, dipresentasikan
hampi 80% dari pengguna aktif internet mereka mengakses media sosial menggunakan
smartphone. Kini, smartphone bukan lagi barang mewah, karena kebanyakan orang
sudah mempunyai barang tersebut. Artinya, para wirausahawan dapat menggunakan
kesempatan untuk mempromosikan juga memasarkan produk-produknhya menggunakan teknologi
digital.
Strategi pemasaran mengunakan
digital marketing merupakan hal yang harus dipertimbangkan, karena orang-orang
tidaklah lagi terlalu melihat billboard di jalanan maupun mengambil suatu
brosur yang mana akan cepat lupa karena tidak bisa disimpan dalam jangka waktu
yang lama, beda halnya dengan menyimpan suatu informasi di smartphone
yang dapat di screenshot lalu tersimpan di galeri.
Karena menurut suatu
data, rata-rata orang menggunakan gadget nya dalam menggunakan internet
dan media sosial yaitu 8 jam dan 3 jam lebih dalam sehari. Yang artinya,
mungkin saja seseorang dapat melihat suatu iklan beberapa kali dalam suatu atau
beberapa media sosial yang ia gunakan. Platform media sosial pada data Bulan
Januari Tahun 2019 yang orang sering dikunjungi diduduki teratas oleh youtube,
disusul oleh whatsapp, facebook, Instagram, juga line.
Kemudian selanjutnya
kita akan membahas bagimana sih caranya digital marketing ini bermanfaat
dalam merintis juga mengembangkan suatu bisnis. Pertama, diawali dengan Social
Analysis, yaitu menjelaskan “dimana sih kita ini berada?”. Setelah itu yang
kedua adalah Objectives, yang mana dapat dikatakan “apa sih tujuan kita?”.
Berikutnya adalah langkah Strategy. atau “bagaimana caranya kita dapat
mencapai tujuan”. Kemudian mengerucutkan lagi strategi yang telah kita buat,
yaitu Tactics, seperti “bagaimana ya cara-cara yang lebih generik untuk
mencapai tujuan kita, seperti apa sih?”. Selanjutnya dimulai dengan Actions
nya, yaitu lebih diperjelas lagi bagaimana cara taktik nya yang benar dan baik,
dan terakhir jangan lupa untuk yang namanya melakukan Control, yaitu “apakah
startegi maupun aksi yang kita lakukan sudah cukup untuk dapat memenuhi target
kita”.
Sebagai contoh, setelah
kita mengetahui beberapa konsep dasar dari digital marketing ini,
hal-hal yang harus kita siapkan yaitu:
1.
Pertama,
siapkan alat yang akan digunakan untuk pemasarannya. Seperti website,
akun media sosial juga beberapa review seperti testimoni yang telah
didapat dari konsumen sebagai percobaan maupun first impression ketika
menggunakan produk tersebut.
2.
Lalu,
siapkanlah konten yang menarik juga shareable. Tujukanlah dengan sesuai
kepada siapa konten tersebut dituju.
3.
Kemudian,
mulailah unggah konten tersebut denagn rutin dan lakukanlah evaluasi setelah mengunggah
konten dari produk tersebut.
4.
Yang
terakhir, masuk dan bergabunglah dengan forum marketplace public.
Buatlah sebagus dan semenarik mungkin profilnya, karena akan memengaruhi citra
dari brand tersebut.
Setelah mengetahui
bagaimana cara merintis juga mengembangkannya, mari kita perdalam, terdapat apa
saja sih jenis-jenis dari startegi digital marketing ini. Yang pertama ada
website, lalu search engine marketing, social media marketing,
online advesrtising, email marketing, dan yang terakhir ada video
marketing.
Setelah sejauh ini,
berapa ya kira-kira budget untuk melakukan digital marketing ini?
Mahal atau tidaknya suatu digital marketing tergantung dari jenis yang
dilakukan. Kalau hanya konten saja dan diunggah dalam akun media sosial pribadi
milik toko wirausahawan tersebut, tidaklah mahal. Tetapi, jika dilakukan dengan
cara diunggah pada website, blog, email, maupun billboard di jalanan, cukup
menyita biaya untuk dikeluarkan.
Lalu, kekurangannya
dalam melakukan digital marketing ini terdapat beberapa hal yaitu tidak
semua orang di daerah yang pelosok dapat menjangkau iklan dari produk tersebut
karena akses internet yang terbatas, belum lagi semua orang apakah menggunakan platform
media sosial yang sama dengan toko wirausahawan ini atau tidak. Kemudian, tidak
semua entrepreneur muda mempunyai anggaran yang lebih untuk dipakai dalam digital
marketing ini.
Juga, dengan melakukan digital
marketing ini butuh suatu passion, agar cara promosi ini lebih tercapai
untuk tujuan yang diharapkan, gunakanlah waktu yang baik dan benar dan semangat
dalam mempelajari, ataupun kalian juga bisa menggunakan staff ahli marketing
yang mana budget pun akan keluar lebih banyak.
Tetapi, kelebihan dari digital
marketing ini cukup signikfikan, yaitu semua orang di daerah mana saja
dapat menjangkau dari iklan produk tersebut juga kapan saja dapat mengunjungi
profil toko dari produk tesebut ketika cukup tertarik melihat dari
konten-konten yang sebelumnya sudah dilihat. Lalu, mudah dalam melakukan
evaluasi dengan cara membandingkan saja dari konten-konten produk yang sama
dalam bersaing memasarakannya. Kemudian hemat juga dalam waktu karena tidak
perlu capek dalam membagikan brosur-brosur pada saat di mall, bazzar,
maupun pinggir jalan. Dengan cara digital marketing di kala ini
merupakan hal yang lebih efektif, juga dapat membangunkan nama brand dengan cepat dan efisien.
Maka dari itu, yuk mari
teman-teman semua ketika kalian ingin memulai ataupun sudah memulai merintis
dalam tujuan untuk membangun suatu bisnis, pelajarilah lebih dalam bagaimana
cara yang tepat dalam melakukan digital marketing ini. Semoga dengan
membaca ini kalian dapat lebih memahami tentang digital marketing.
Terakhir, gunakanlah digital
marketing ini dengan baik dan benar sebagai salah satu langkah yang mana
nantinya akan membuat bisnis kalian lebih naik juga dikenal oleh banyak orang
lain dimanapun itu berada. Jangan takut dan mulailah mencoba, karena kita tidak
akan mengetahuinya sebelum mencoba, semangat!!
artikel yang bagus dan sangat bermanfaat !!
ReplyDeleteKeren banget artikelnya!! Informatif jugakkk
ReplyDeleteKeren banget blognya, menambah wawasan banget😍
ReplyDeleteKerennn!!
ReplyDeletekerenn bangetttt sangat informatif bgtt
ReplyDeleteWah artikelnya insightful👍
ReplyDeleteKeren banget artikelnya informatif
ReplyDeletekerennn! sangat bermanfaat
ReplyDeleteKerenn bermanfaat, semangatt
ReplyDelete